GLITTER

Self Love Activity Episode 5: Blogging

January 12 2019, 5:46:48 pm | Glitter

Menulis blog adalah bentuk refleksi dan aktualisasi, sekaligus menjadi wadah yang pas untuk berbagi

Hi, apa kabar?

Sudah berbulan-bulan belakangan saya absen menulis blog. Awalnya memang karena dapur web ini sedang direnovasi, namun berakhir dengan tidak menyenangkan. Tulisan-tulisan yang biasanya saya bagikan tiap Senin dan Jumat itu dimaling orang.

Gak cuma itu, back-up tulisan yang disimpan ikutan hilang karena tempat penyimpanan rahasia rusak.

Sedih. Iya.

Awalnya saya denial dengan kenyataan ini. Saya berusaha buat melakukan berbagai cara biar cerita yang pernah saya tulis tetap ada, atau paling nggak, nyelip di suatu tempat kayak harta karun.

Lalu saya jadi ingat, dulu saya pernah begitu sakit hati ketika tahu tulisan-tulisan Pramoedya Ananta Toer pernah dibakar dan dienyahkan saat dia masih jadi tapol, bahkan setelah menjadi buku, karyanya dilarang beredar. Orang-orang tak boleh membacanya. 

Ternyata begini rasanya kehilangan tulisan sendiri. Lebih menyedihkan walau tak seberapa isinya.

Tapi cerita kali ini bukan tentang rasa sedih saya kemarin kok. Karena pada akhirnya saya merasa sudah berdamai dengan kehilangan. Kyaaa! 

Saya berusaha mengunggah ulang beberapa tulisan yang masih disimpan walaupun gak semuanya, dan mungkin ada sedikit sekali perubahan di dalamnya.

Selama vakum, saya kerap rindu menulis di sini. Rindu mengeluarkan cerita yang sudah banyak nangkring di kepala. Rindu melakukan salah satu self-treatment sekaligus self-love activity ini bernama blogging.

Berkali-kali saya mengeluh karena pengen nge-blog. Sampai rasanya kayak kehilangan arah. Gak ngerti mau ngapain lagi. Harus ngapain lagi.

Sekarang, saya coba buat menulis di sini dan mengumpulkan serpihan cerita yang saya tabung buat ditulisin. Dimulai dari cerita saat melakukan hal yang sudah lama tidak saya lakukan: mengajar.

Jadi, kemarin saya mengunggah tangkapan layar sebuah caption foto Instagram kak Alamanda ke instastory saya yang isinya memiliki pesan "orang yang berhenti belajar akan jadi orang bodoh, walau sebanyak apapun ilmunya" (cek di highlight instastory saya berjudul Youth Dev).

Selang berapa lama, saya dapat DM dari adik saya yang meminta untuk diajarkan menulis.

Keesokan harinya saya langsung mengajarkannya menulis dan pesan pertama saya sederhana saja: mulailah menulis hal yang kamu suka.

Guess what?

Hari itu juga dia menerbitkan 2 artikel sekaligus dan hasilnya gak main-main euy. I am so proud of her writings! Tulisannya yang sudah terbit tentang:

1. Rose Blackpink

2. 7 Lagu yang Bikin Semangat

Saya merasa mengajar selalu memberi saya kesempatan untuk melatih kesabaran dan memutar otak agar pesan dan pelajaran yang ingin saya sampaikan bisa diterima dengan baik.

Kira-kira begitu cerita terbaru yang ingin saya update melalui tulisan ini. Jelas ada kelegaan. Selain bisa berbagi ilmu kepada adik, saya jadi bisa berbagi pengalaman lewat blogging dan menceritakannya. Sesederhana itu.

Saya merasa kalau blogging itu bukan cuma sarana buat berbagi atau sekadar curhat. Tapi juga treatment untuk mencintai diri sendiri. Mengeluarkan apa yang seharusnya dibagi.

Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa di self-love activityepisode selanjutnya ya!

Berbagi Yuk!