GLITTER

Self-Love Activity Episode 4: Berburu Penginapan

January 12 2019, 5:36:35 pm | Glitter

Ada tips juga buat kamu yang ingin memilih penginapan kece namun affordable

Assalamualaikum teman-teman semuanya. Selamat datang di episode terbaru Self-Love Activity.

Di tulisan kali ini, saya ingin membahas soal kegiatan yang menyenangkan sekaligus kadang menyita waktu. Tapi juga nikmat. Gimana ya? Hmm. Kegiatan itu adalah berburu penginapan kece yang affordable di situs online.

Buat yang hobi traveling, melancong ke sana sini, atau sekadar ingin menyenangkan diri sendiri, bisa dicoba nih window shopping penginapan. Atau yang punya banyak waktu luang juga bisa explore penginapan di seluruh dunia.

Entah ada yang merasakan hal yang sama dengan saya atau nggak, yang pasti sekadar ngeliat interior dan eksteriornya di foto aja tuh, nyenengin lho.

Apalagi kalau ada yang ratingnya bagus plus harga ramah di kantong. Langsung buru-buru screenshot, di-save, atau langsung booking. Cuci mata sama hotel-hotel itu kadang ngasih inspirasi buat bikin rumah atau kamar di kemudian hari. Bener gak sih?

...

Kadang sebelum tidur, saya suka ‘window shopping’ penginapan. Entah itu hotel, villa, airbnb, hostel, dan guest house di berbagai negara atau daerah. Meskipun belum ada rencana mau pergi ke sana, atau rencana berangkatnya masih jauh-jauh hari nanti.

Saya sebenarnya risih kalau ada hotel yang harganya mahal tapi gak sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Ditambah lagi interior dan eksteriornya jadul/ rusak/ kotor. Beuh!

Padahal dengan fee yang lebih murah, kita bisa dapat fasilitas yang maksimal. Misalnya, untuk fee penginapan hotel bintang satu, sebenarnya kita bisa menginap di hotel bintang tiga dengan harga yang sama.

Atau kita bisa menginap di hotel bintang 5 dengan harga menginap di hotel bintang 3 asal mau sedikit rajin mencari dan membandingkan harga.

Ini semua bisa terjadi berkat adanya berbagai situs online yang menyediakan pilihan hotel yang lengkap dengan review tamu, rating, detail fasilitas, dan kemudahan proses pembayaran.

Hotel mahal dengan fasilitas buruk pastinya gak bakal laku sih. Secara, orang yang pernah menginap di sana pasti ngasih review jelek atau bahkan complain panjang lebar yang bikin hotel itu dapat rating rendah.

Jadi, merugilah orang-orang yang gaptek atau anti pesan hotel via online. Hehe! 

Biasanya, pemesanan via situs online bisa dapat diskon plus-plus melalui kupon, penukaran poin, atau promo yang sedang berlangsung lainnya. Makanya saya gak ragu buat pesan via online.

Di manapun dan kapanpun bisa praktis pesan hotel. Cocok banget buat traveler sejati atau traveler newbie.

Berikut ini saya akan kasih tips buat para pelancong yang ingin mencari penginapan kece namun affordable alias murah meriah.

1. Tentukan jenis penginapan yang sesuai dengan jumlah tamu yang akan menginap

Buat yang belum tahu, penginapan itu ada banyak jenisnya, guys. Ada hotel, hostel, villa, apartment, guest house, dll.

Kalau kalian ramean sekeluarga (5-10 orang) lebih baik pilih guest house/ villa yang muat banyak. Biasanya guest house/ villa ini suasananya kayak rumah pribadi yang terbagi jadi beberapa kamar. Jadi kalian bebas mau ngapain. Bisa masak atau melakukan kegiatan layaknya di rumah pribadi juga.

Tapi kalau kalian sekeluarga mau backpacker-an, biasanya ada juga hostel yang nyediain kamar dengan bunk bed alias kasur tingkat yang bisa dipake rame-rame sekeluarga.

Harganya, tentu saja lebih murah. Tapi di hostel ini ada gak enaknya juga. Kadang ada hostel yang gak dilengkapi sama gorden atau tirai khusus untuk menutupi bunk kita. Walaupun keluarga, tapi privasi tetap ada dong kan?

Ditambah lagi, kadang toiletnya masih shared bathroom sama penghuni kamar lain, atau sekamar cuma ada satu sampai dua kamar mandi. Ya, kalau bagi kalian itu gak masalah, go ahead.

Kalau kamu cuma traveling solo atau berdua bareng sahabat/ pasangan, pilihannya lebih banyak. Rata-rata semua jenis penginapan menyediakan pilihan kamar buat 1-2 orang kok.

2. Menentukan lama menginap

Ini juga jadi hal penting sih. Soalnya, beberapa situs online ngasih potongan harga buat tamu yang akan menginap lebih dari satu malam atau ramean. Dan jatuhnya jadi murah banget per orang lho.

Nah, kalau memutuskan buat menginap lebih dari 3 malam, pilihlah kamar/ hotel dengan rating yang tinggi. Kisaran 7,5 sampai 10. Karena, kamu bakal menghabiskan waktu banyak di hotel itu, jadi lebih baik pilih yang nyaman sekalian.

Kecuali kamu ingin coba-coba hotel, atau cuma menginap semalam, gak ada salahnya cari hotel yang ratingnya pas-pasan dengan harga yang affordable.

3. Cari penginapan di lokasi yang spesifik

Salah satu cara buat dapat penginapan yang murah, bagus, sekaligus efektif adalah dengan mencari penginapan dengan lokasi yang spesifik.

Misalnya kamu mau ke Bali. Bali itu luas banget ya daerahnya, jadi tentuin dulu kamu mau main di daerah mana. Misalnya di Ubud, atau Nusa Dua katakanlah. Kamu tinggal cari penginapan di daerah Nusa Dua. Jangan malah nginep di Kuta, karena jaraknya lumayan jauh.

Tapi, kalau kamu merasa ribet buat pindah-pindah penginapan, pilih aja tempat di tengah-tengah biar adil (dan makmur sentosa).

4. Cari penginapan jauh-jauh hari

Tips satu ini bukan hoax ya, walaupun tiap tips cari hotel murah selalu ada tips satu ini. Tapi emang bener dong. Kita tahu di hotel itu ada yang namanya low season dan high season.

Low season itu hari biasa aja, hari normal gitu. Kalau high seasonitu musim liburan, weekend atau long weekend di mana biasanya penginapan di lokasi wisata lagi rame-ramenya, makanya harga per malam bisa naik karena permintaan yang banyak. Plus, ada biaya tambahan kalau mau early check-in.

5. Jangan males ngecek promo

Umumnya tiap situs yang menyediakan pilihan hotel ini punya promonya masing-masing. Biasanya dalam bentuk kode yang dimasukkan sebelum checkout pemesanan. Pastikan kamu cek syarat dan ketentuannya dulu.

Nah, ini helpful dan lumayan menghemat sih ketika bisa pakai kode promo.

Kalau belum ngerti atau belum pernah coba, pasti bakal ngerasa ribet atau males. Tapi kalau udah paham, nanti juga ketagihan kok. Hehehe. Selamat mencoba dan sampai bertemu di Self-Love Activity selanjutnya!

Berbagi Yuk!