GLITTER

Self-Love Activity Episode 3: Berencana

January 12 2019, 5:29:42 pm | Glitter

Berencana itu super menyenangkan, tanpa perlu berlebihan dalam ekspektasi tentunya

Hi! I’m back!

Beberapa waktu lalu website ini gak bisa diakses karena sedang maintenance buat pindah-pindah server dan saya juga lagi liburan ke Bali. But now alhamdulillah sudah aktif dan bisa nulis lagi di sini.

By the way, agak kaget juga kemarin tiba-tiba ada yang nanya kenapa website ini gak bisa diakses. Kaget karena ternyata ada yang mantengin dan menunggu tulisan baru saya. :)

Di tulisan ini saya akan bahas soal kegiatan membuat rencana sebagai salah satu self-love activity. Ngerencanain sesuatu itu emang mood booster banget sih buat saya. Entah itu merencanakan traveling, merencanakan masa depan, merencanakan pernikahan (eh lho?), merencanakan acara reuni, merencanakan kegiatan bulanan, mingguan, bahkan to-do list harian sekalipun bisa meningkatkan semangat.

Di samping bikin hari-hari lebih produktif, juga bisa banget bikin kita semangat menghadapi hari. Besok ngapain ya? Bulan depan ngapain ya? Minggu depan ada acara apa nih? Target bulan depan ngapain?

Rencana yang udah kita buat bisa jadi pengingat sekaligus memancing ide-ide baru yang bukan gak mungkin malah ngasih semangat lainnya.

Beberapa tahun belakangan saya memang aware dengan jadwal, walaupun sebenarnya kalau dibilang well-planned, masih ada kurangnya dan gak semuanya terencana dengan baik. Yang pasti, saya menikmati kegiatan berencana ini karena saya bisa me-rangewaktu untuk beberapa kegiatan di masa depan. Ditambah lagi, kalau ada kegiatan menyenangkan yang sudah kita tunggu-tunggu.

Biasanya saya menulis rencana di time table, buku agenda, kertas bekas struck belanjaan ataupun di buku khusus buat coret-coretan.

Ada sensasi tersendiri ketika bisa mencoret atau men-checklistsatu per satu daftar kegiatan atau kerjaan yang udah berhasil diselesaikan.

Apalagi kalau nulisnya di selembar kertas kecil/struck belanjaan, begitu semua list udah beres, kertasnya tinggal dironyokin dan dibuang di tong sampah.

Gak hanya buat jadwal kegiatan secara garis besar sih, merencanakan hal lain kayak mempersiapkan hal tertentu, atau kegiatan yang sifatnya spesifik juga seru abis. Kadang bisa bikin perasaan kita menggebu-gebu.

Makanya saya seringkali menyimpan struck belanjaan atau kertas sisa bekas buat ditulisin rencana-rencana saya. Mulai yang masuk akal, sampai rencana yang kata orang... “mimpi kali ye.”

Tapi sejujurnya memang kalau saya bermimpi gak pernah nanggung sih. Haha. Mimpi yah tinggi-tinggi aja. Tapi tetap nothing to lose. Yang ngetawain, meremehkan, atau memandang sebelah mata mungkin ada. Tinggal siapin mental aja. Hehehe

Selama masih muda (walaupun udah gak muda-muda amat), bagi saya ini saat yang harus dimaksimalkan untuk trial and error, habiskan waktu buat belajar kapanpun di manapun, dan menghabiskan jatah gagal.

Terutama buat anak sekolahan dan usia 20an. Itu waktu yang tepat buat menggali banyak pengalaman, mencoba banyak hal apapun itu selama positif. 

Salah satu cara membuat proses itu lebih efektif adalah dengan merencanakannya. Merencanakan hal apa saja yang harus kamu coba dan perlu lakukan.

Jadi, punya rencana itu wajib terutama bagi anak-anak muda yang masih produktif-produktifnya dan otot masih kencang. Kalau sudah tua dan panjang umur, kamu bisa punya banyak hal dan pengalaman yang bisa diceritakan ke anak cucu. Bisa paham ini itu.

Sampai jumpa di Self-Love Activity selanjutnya ya!

Berbagi Yuk!